Senin, 02 Juli 2018 12:05 WITA

Apakah Mentimun Merupakan Buah atau Sayuran?

Editor: Suriawati
Apakah Mentimun Merupakan Buah atau Sayuran?
INT

RAKYATKU.COM - Banyak orang mungkin bertanya-tanya, apakah mentimun merupakan buah atau sayuran? Jawabannya bisa dua-duanya!

Untuk mendapatkan jawaban yang tepat, Anda perlu melihat pertanyaan ini dari sejumlah perspektif, termasuk dari sudut pandang botani, kuliner, budaya, dan hortikultura.

Botani
Secara historis, mentimun dianggap sebagai buah, karena mereka berkembang dari bunga dan mengandung biji.

Kuliner
Melihat dari cara orang menyiapkan dan mengkonsumsi mentimun, itu diperlakukan sebagai sayuran. Ini biasanya ditemukan dalam salad atau lalapan dan resep umum lainnya untuk sayuran. Jika Anda bertanya pada koki, mereka akan menjawab mentimun adalah sayuran.

Hortikultura
Ketika membahas hal ini dari perspektif hortikultura, buah cenderung tumbuh dari tanaman berkayu, sementara sayuran tumbuh dari tanaman herba. Karena mentimun tumbuh dari tanaman herba, kebanyakan ahli hortikultura memberinya label sebagai sayuran.

Budaya
Barangkali perspektif yang paling penting adalah bagaimana kita secara budaya merujuk dan mendiskusikan mentimun. Meskipun ada orang-orang dengan keras menyatakan sifat buah mentimun, sebagian lainnya bisa menganggap dan memperlakukan mentimun sebagai sayuran.