Kamis, 09 Agustus 2018 07:30 WITA

Donat Jadi Bantat dan Tidak Mengembang Sempurna, Ternyata Ini Kesalahannya

Editor: Abu Asyraf
Donat Jadi Bantat dan Tidak Mengembang Sempurna, Ternyata Ini Kesalahannya
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Bagi Anda ibu rumah tangga atau remaja putri, mungkin pernah mencoba membuat donat. Tidak sedikit orang yang gagal. Sudah membayangkan empuk seperti Dunkin atau J.Co, eh malah jadi bantat.

Apa yang salah? Berikut ini beberapa tips yang dihimpun dari berbagai sumber. Pertama, campuran tepung sebagai bahan utama harus diperhatikan.

Agar donat tak bantat, disarankan untuk mencampur protein terigu tinggi 70 persen dan 30 persen tepung terigu protein rendah. Trik ini akan membuat donat jadi empuk dan mengembang dengan sempurna. 

Selain itu, juga harus memperhatikan pemakaian raginya. Ragi yang kurang akan menyebabkan donat tidak mengembang. Disamping itu ragi instan yang berkualitas rendah atau sudah lama ternyata juga dapat menyebabkan donat bantat. 

Selain faktor bahan, cara menguleni adonan juga bisa berpengaruh. Kurangnya dalam menguleni adonan juga bisa membuat donat jadi gagal. Waktu fermentasi pun juga harus tepat karena waktu fermentasi yang terlalu singkat menyebabkan donat belum mengembang sempurna dan membuat donat jadi bantat.

Proses fermentasi yang dimaksud adalah mendiamkan adonan donat dan mengistirahatkannya. Biasanya pada umumnya proses fermentasi ini dilakukan hanya dalam waktu 10 hingga 20 menit saja. Namun tetap saja pada saat proses ini kita harus tetap mengawasi adonan donat sudah mengembang sesuai keinginan kita atau belum.

Bagaimana mengatasi adonan yang tidak dapat mengembang sempurna? Pertama yang harus dilakukan adalah perlunya ketika memanggang atau menggoreng donat naikkan lebih banyak temperatur untuk membuat adonan tersebut lebih mengembang. 

Menaikkan temperatur api dalam memanggang atau menggoreng adonan tersebut dapat bermanfaat agar adonan donat yang bantat tersebut akan mengembang ketika sudah disajikan di atas piring.

Namun jika dengan menaikkan temperatur api tidak membantu adonan donat yang tidak mengembang mungkin dengan cara menambahkan lebih banyak bahan makanan pengembang roti juga menjadi alternatif tersendiri. 

Jika adonan terlalu banyak berisikan tepung, maka adonan donat tidak akan mengembang. Namun, hal itu dapat membantu jika adonan donat tetap tidak mau mengembang tetapi dalam menambahkan tepung tentunya akan mengurangi sedikit cita rasa dari donat yang nantinya akan disajikan di piring. 

Ketika menambahkan tepung kita perlu berhati-hati dalam menambahkannya dan tidak boleh kelebihan. Tambahkan aja beberapa sendok tepung agar adonan donat mengembang seperti sesuai dengan keinginan.


 

Tags