Minggu, 12 Agustus 2018 06:30 WITA

Tempat Wisata Unik di Bogor Sambut Kirab Obor Asian Games

Editor: Adil Patawai Anar
Tempat Wisata Unik di Bogor Sambut Kirab Obor Asian Games

RAKYATKU.COM - Kirab Obor Asian Games 2018 akan melintasi Kota Bogor pada 14 Agustus mendatang. Momen ini menjadi istimewa bagi Kota Bogor dan sekitarnya untuk mempromosikan destinasi wisatanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Bogor layak menjadi pilihan destinasi untuk mengisi liburan pada Agustus menjelang Kirab Obor hingga menyambut Hari Kemerdekaan RI.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan acara istimewa dalam penyambutan mendatang. Acara istimewa ini juga sekaligus sebagai peringatan Hari Jadi Bogor ke-536.

"Karena ini event langka dan skala internasional. Apa salahnya kita buat semeriah mungkin, sekaligus mempromosikan Kota Bogor ke dunia internasional," ujar Arief, Jumat (10/8).

Nah, berikut sepuluh destinasi yang bisa di kunjungi ketika menyaksikan pawai Obor Asian Games 2018 di Bogor seperti dilansir CNN Indonesia.

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu obyek paling menarik untuk didatangi. Terlebih bagi wisatawan yang membutuhkan udara segar dan pemandangan hijau. Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektare selain sebagai tempat rekreasi juga menjadi tempat untuk lebih mengenal lebih dari 15 ribu pohon.

Kebun raya ini sudah ada sejak masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi 1474-1513) dari Kerajaan Sunda. Tahun 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang menetap di Istana Bogor tertarik untuk membangun halaman Istana Bogor menjadi kebun yang menawan.

2. Water Kingdom Mekarsari

Bagi yang menyukai petualangan air seru dan mengasyikkan, dapat mencoba ke Water Kingdom Mekarsari. Wahana ini diluncurkan sejak 12 Desember 2012 dengan luas 5,2 hektare dan menjadi water park terbesar se-Asia. 

Terdapat 12 wahana permainan air terdiri dari delapan kolam, empat slides dan satu water sports terdiri tiga kategori yaitu kolam renang, seluncuran dan wahana olahraga air. Fasilitas itu antara lain Kiddy Pool, Lazy River, Leisure Pool, Octopus Splash Pool, Olympic Size Pool, Boomerang Slide, Body Slide dan lainnya.

3. Kampung Budaya Sindangbarang

Ingin mencari liburan berbeda? Coba sambangi tempat wisata di Bogor sudah ada sejak abad ke-12. Tertulis pada Babat Pajajaran dan dalam pantun Bogor, Sindang Barang merupakan keraton tempat tinggal salah satu isteri prabu Siliwangi.

Di sini pengunjung dapat mempelajari banyak hal tentang tradisi lokal masa lalu. Pengunjung dapat melihat bangunan rumah bergaya kuno. Di sini terdapat berbagai aktivitas seperti permainan, musik, dan tari-tarian tradisional.

4. Taman Wisata Mekarsari

Berlibur di tempat yang satu ini juga tidak akan membosankan. Alasannya di taman ini pengunjung dapat menikmati keteduhan sekaligus menyantap buah-buahan dan sayuran yang sedang panen. Taman Buah Mekarsari ini dibangun tahun 1995 namun ketika itu masih tertutup belum dibuka umum. Pada 2004 diubah namanya menjadi Taman Wisata Mekarsari.

Menempati lahan sekitar 264 hektar ini, terdapat berbagai fasilitas seperti hotel dan penginapan, toko souvenir, rumah makan, dan berbagai hal lainnya. Terdapat beragam wahana salah satu wahana paling di gemari pengunjung adalah wahana seperti Greenhouse Melon, Sabut Kelapa Outbound, dan Kids Fun Valle.

5. Taman Safari Indonesia

Liburan ke Taman Safari Indonesia dapat menjadi alternatif saat berkunjung ke Bogor dan sekitarnya. Taman Safari Indonesia menempati area 50 hektare ini, awalnya merupakan kebun teh yang tidak produktif lagi sejak tahun 1980. 

Taman ini ditetapkan menjadi Obyek Wisata Nasional oleh Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada masa itu . Taman Safari diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan 16 Maret 1990.

Kini, luas Taman Safari mencapai 168 hektare dan dilengkapi dengan berbagai sarana edukasi dan rekreasi serta mengadakan safari malam pada saat akhir pekan.

6. The Jungle Water Adventure

Objek yang satu ini juga telah lama menjadi salah satu pilihan rekreasi .Di sini pengunjung sepuasnya bergembira bermain air. Jungle Water Adventure memiliki konsep sebagai wahana terbuka hijau dengan pemandangan keindahan Gunung Salak dan Gunung Pangrango.

7. The Highland Park Resort

Konsep yang dimiliki tempat yang satu ini berbeda dengan penginapan lainnya. Di The Highland Park Resort ini berkonsep tempat menginap mirip di Mongolia. Bentuknya memang seperti tenda jika dilihat dari luar, namun di bagian dalamnya pengunjung akan menemukan penginapan permanen dengan lantai kokoh, AC, tempat tidur, sofa bed hingga toilet mewah.

Pengunjung dapat melihat keindahan panorama Gunung Salak. Beragam aktivitas seperti flying fox, berenang, dan futsal di kawasan Highland Park Resort dapat dilakukan di sini. 

8. Marcopolo Water Adventure

Satu lagi tempat rekreasi permainan air yang ramai didatangi yaitu Marcopolo Water Adventure. Di sini pengunjung menemukan berbagai permainan air seperti misalnya waterboom, geitser, ember tumpah, air mancur, banana boat, dan hal lainnya. Variasi kolam permainan air terbagi dalam kolam dewasa, anak, arus, pasir, dan air hangat.

9. Museum Zoologi

Museum yang satu ini dapat menjadi satu tujuan liburan saat ke Kota Hujan. Museum ini memiliki sejarah panjang yaitu berusia 110 tahun. Lokasinya cukup mudah ditemui karena berada di sisi depan pintu masuk ke Kebun Raya Bogor.

Awalnya Museum Zoologi merupakan ide J. C. Koningsberger, seorang ahli botani warga negara Jerman yang menetap di Belanda. Pada awal pembangunannya tahun 1894, berfungsi sebagai laboratorium zoolog dan wadah penelitian pertanian dan zoologi. 

10. Warso Farm

Objek wisata Warso Farm adalah agro wisata buah durian yang sangat terkenal di Kota Bogor. Lokasi Warso Farm terletak di Desa Cihedeung Kecamatan Cipelang Kabupaten Bogor. Objek wisata yang juga dikenal dengan nama perkebunan Durian Warso ini dahulu dirintis oleh seorang pensiunan TNI AD yang bernama Soewarso Pawaka. Dari nama pendirinya inilah perkebunan buah durian ini dinamai dengan Warso Farm.

Objek wisata ini tidak kalah unik, khususnya bagi pecinta durian. Betapa tidak penggemar durian akan merasa puas bisa menemukan 900 pohon durian di area seluas 8,5 hektare