Minggu, 26 Agustus 2018 06:00 WITA

Berikut Destinasi Wisata Keren di Sabang, Daerah Ujung Indonesia

Editor: Adil Patawai Anar
Berikut Destinasi Wisata Keren di Sabang, Daerah Ujung Indonesia

RAKYATKU.COM - Sabang merupakan sebuah kota yang terletak di ujung paling barat Indonesia. Wilayah Sabang sendiri terdiri dari 5 pulau besar dan kecil yaitu, Pulau Weh, Rubiah, Klah, Seulako, dan Rondo. 

Konon menurut sejarah, kelima pulau tersebut awalnya menyatu dengan daratan Sumatera. Tetapi akibat bencana gempa ribuan tahun silam, kelima pulau tersebut terpecah-pecah, dan terpisah dari daratan utama.

Secara geografis, Sabang merupakan bagian dari Provinsi Aceh dengan pusat kota yang terletak di Pulau Weh. 

Pulau Weh merupakan pulau terbesar dari kepulauan Sabang dan memiliki struktur berundak dengan garis pantai yang menawan. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah barat dan selatan, serta Selat Malaka di sebelah timur dan utara.

Sabang sendiri terdiri dari dua kecamatan yang terbagi menjadi 72 desa. 

Meskipun namanya tidak sepopuler Bali dan Lombok, tetapi soal keindahan pantai, Sabang tidak bisa diremehkan. Lautan biru yang mengelilingi pulau menjadi daya tarik utama kawasan ini. Belum alam bawah lautnya yang indah dan kaya akan biota dan spesies laut. 

Tidak heran jika banyak orang yang membandingkan alam bawah laut Sabang dengan Bunaken yang sudah terkenal hingga mancanegara.

Berikut tempat wisata seru di Sabang seperti dilansir idntimes.com: 
 
1. Tugu Nol Kilometer
Tugu ini merupakan penanda bahwa Sabang merupakan titik awal wilayah Indonesia. Meskipun kelihatannya tidak ada yang istimewa di tempat ini, tetapi berada di Tugu Nol Kilometer akan mendatangkan kepuasan tersendiri.

Jika ingin berkunjung ke sini, datanglah ketika sore hari. Karena pemandangan matahari terbenam di Tugu Nol Kilometer terkenal indah dan menawan.  

2. Pantai Iboih
Laut biru yang tenang merupakan daya tarik utama Iboih. Tidak heran jika di kawasan ini banyak orang yang menyelam atau melakukan snorkeling. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dengan menyusuri pasir putih yang menawan. Tidak hanya itu, kejernihan air laut Iboih sehingga membuat kapal kecil yang merapat di dermaga seperti melayang juga bisa menjadi pemandangan yang sulit untuk dilupakan. 
 
3. Pulau Rubiah

Jika berkunjung ke Rubiah, jangan lewatkan kesempatan untuk menyelam dan berinteraksi langsung dengan biota laut dan terumbu karang rubiah. Jangan lewatkan juga pemandangan matahari terbenam yang indah, sambil berbaring di atas pasir putih yang lembut.