Selasa, 18 Desember 2018 00:45 WITA

Puluhan Pria Gemulai, Antar Bupati Soppeng Menuju Lokasi Festival I Lagaligo

Penulis: Muh Ikhlas
Editor: Aswad Syam
Puluhan Pria Gemulai, Antar Bupati Soppeng Menuju Lokasi Festival I Lagaligo
Puluhan bissu menari pada pembukaan Festival Internasional I Lagaligo, di Soppeng.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Pembukaan Festival Internasional I Lagaligo, berlangsung meriah. Sejumlah pementasan budaya Bugis ditampilkan saat pembukaan berlangsung, seperti parade budaya, Oni-oni toriolo yang dipersembahkan oleh pelajar, dan tarian budaya.

Selain persembahan tersebut, ada satu yang menarik perhatian. Yakni tarian adat yang dibawakan puluhan bissu atau waria saat mengantar kedatangan Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak menuju lokasi pembukaan.

Dengan gemulai, puluhan bissu itu mampu membawakan tarian, yang sontak mengundang antusiasme masyarakat. Hal ini dikarenakan penampilan dari bissu sudah sangat jarang terlihat di berbagai acara di Kabupaten Soppeng.

Bupati Soppeng, A Kaswadi Razak dalam sambutannya mengatakan, Festival Internasional I Lagaligo, merupakan salah satu cara mempertahankan aset budaya di Sulsel umumnya, dan Soppeng khususnya.

Loading...

"Sangat disayangkan jika nilai budaya yang kita miliki hilang begitu saja, akibat perbuatan kita sendiri. Nenek moyang kita dulu mampu mempertahankan kebudayaan selama berabad-abad salah satunya naskah I Lagaligo," jelasnya, Senin (17/12/2018).

Kaswadi juga menjelaskan sedikit tentang naskah I Lagaligo yang termasyur. Naskah cetak I Lagaligo, merupakan naskah cetak terpanjang di dunia yang diakui UNESCO.

"Dengan berlangsung acara ini, Kabupaten Soppeng siap menjadi benteng pertahanan kebudayaan di Indonesia," tegasnya.

Loading...
Loading...