Selasa, 02 Mei 2017 21:01 WITA

Pariwisata Sulsel Kian Diminati Wisman Inggris dan Jerman

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Pariwisata Sulsel Kian Diminati Wisman Inggris dan Jerman
Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel merilis jumlah wisatawan mancanegara (Wisman), yang mengunjungi Sulawesi Selatan selama bulan Maret 2017. 

Jumlah wisman yang berkunjung melalui pintu masuk Makassar pada Maret 2017 
naik sebesar 24,87 persen dibandingkan bulan Februari 2017. Tercatat ada 1.491 pengunjung di bulan Maret, sementara bulan Februari hanya 1.194 kunjungan.

Malaysia, Singapura, Inggris, Jerman dan Mesir merupakan lima dengan jumlah wisman terbesar yang berkunjung ke Indonesia melalui pintu masuk Makassar pada Maret 2017.

"Jumlah wisman dari lima negara tersebut berjumlah 1.042 kunjungan atau sekitar 69,88 persen dari total wisman yang masuk melalui pintu masuk Makassar," kata Kepala BPS Sulsel, Nursam Salam.

Yang istimewa, selama Maret, muncul sejumlah negara baru seperti Inggris, Jerman dan Mesir yang sebelumnya tidak pernah menjadi lima negara dengan jumlah kunjungan terbesar.

Sementara itu, Ketua ASITA Sulsel, Didi L Manaba mengatakan, Fenomena ini terjadi akibat negara seperti  Inggris dan Jerman mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik, dibading negara eropa lainnya.

Selain itu lanjut Didi, ini tidak terlepas dari upaya Kementrian Pariwisata melakukan promosi di Inggris dan Jerman.  Kemudian didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  provinsi dan kota.

"Asita juga sangat mendukung karena Inggris dan Jerman punya karakter wisatawan sangat cocok dgn destinasi di sulsel yg menonjolkan sejarah, budaya yang unik serta alam," ungkap Didi L Manaba