Senin, 15 Mei 2017 16:34 WITA

Kemeriahan Festival 10 Sya'ban di Bantaeng

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kemeriahan Festival 10 Sya'ban di Bantaeng

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bantaeng bersama masyarakat setempat, kembali menggelar puncak perayaan Festival 10 Sya'ban atau yang dikenal pesta adat Gantarangkeke di Baruga Gantarangkeke, Kecamatan Gantarangkeke, Kabupaten Bantaeng, Minggu (14/5/2017).

Festival 10 Sya'ban Gantarangkeke yang digelar selama 2 pekan ini mengandung nilai yang sangat luar biasa. Diantaranya, untuk mempererat dan memperkokoh rasa persatuan, kekeluargaan, kegotong royongan serta upaya membersihkan diri dari segala kekhilafan dan dosa sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Dalam pesta adat Gantarangkeke itu, masyarakat disuguhkan dengan penampilan seni, seperti A'manca yang merupakan pertarungan silat tradisional, nyanyian Kaloli dan makanan khas masyarakat setempat yang terbuat dari beras.

Kemeriahan Festival 10 Sya'ban di BantaengWakil Bupati Bantaeng, Muhammad Yasin mengatakan, pesta adat Gantarangkeke merupakan tradisi yang telah diwariskan oleh para leluhur pendahulu.

"Ini tentunya akan menjadi kekuatan yang sangat besar dalam membangkitkan semangat dan kerja keras untuk terus berbakti, mengabdi untuk daerah Bantaeng," kata Muhammad Yasin.

Kemeriahan Festival 10 Sya'ban di Bantaeng"Saat ini kita sudah gunakan fasilitas infrastruktur untuk mendukung penyelenggaraan kegiatan pesta adat Gantarang Keke, maka dari itu seluruh fasilitas yang telah dibangun, saya titipkan kepada masyarakat untuk dimanfaatkan, dirawat dan dijaga dengan sebaik-baiknya", harapnya.

Hadir dalam Festival 10 Sya'ban usnur Forkopimda Bantaeng, para Pimpinan OPD lingkup Pemkab Bantaeng, Wakil Bupati Bantaeng Periode 2008-2012, H Asli Mustajab, pemangku adat di Kabupaten Bantaeng, Keluarga Besar Keturunan Opu Bontobangun Kerajaan Kabupaten Kepulauan Selayar, Opu Andi Massairang Karaeng Mangatta, Andi Bahtaruddin Patta Anjo, bersama Permaisuri.