Kamis, 18 Mei 2017 11:11 WITA

Nico 'Jual' Toraja Lewat Film

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Nico 'Jual' Toraja Lewat Film

RAKYATKU.COM, TORAJA - Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mendukung event Toraja Film Festival (TFF) 2017, yang akan digelar pada Juli hingga Agustus 2017 mendatang.

Nicodemus Biringkanae mengatakan lahirnya TFF sejalan dengan tujuan pemerintah kabupaten untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tana Toraja.

"Film ada ada sebuah kemasan. Jual pariwisata Toraja kita lewat film," kata Nico sapaan akrabnya kepada Rakyatku.com, Kamis (18/5/2017).

Nico berharap, melalui TFF mampu melahirkan film yang mencerminkan karakter masyarakat dan berbagai peradaban masyarakat Toraja. Selain itu, mampu mengeksplor potensi alam yang dimiliki Toraja seperti wisata seperti Air Terjun, Negeri Berselimut Awan, dan Ollon.

"Saya berharap di Toraja bisa lahir Film tentang Mengintai Matahati Terbit, Putri Kopi dan Toraja Cerdas. Memadukan budaya dan pendidikan Toraja," jelas Nico

Nico 'Jual' Toraja Lewat FilmSenada, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sambolang mengungkapkan Toraja memiliki banyak potensi pariwisata yang belum banyak di eksplore. 

"TFF ini menjadi momentum yang luar biasa mengembangkan potensi itu. Saran saya pembuatan film hendaknya lebih banyak di objek wisata sebagai kaitan kekayaan alam dan budaya Toraja, lebih kepada keaslian kearifan lokal Toraja yang terlihat sehingga mengedukasi masyarakat tidak menyimpang dari konteks adat dan budaya," ungkap Welem.

Sementara itu Presiden TFF Belo Tarran membeberkan, TFF adalah lomba membuat film dokumenter dan fiksi. Selain lomba, event yang pertama kalinya digelar di Toraja itu juga menggelar workshop film. 

"Promosi pariwisata, pelestarian adat budaya Tana Toraja serta peningkatan PAD. Kita juga berharap event ini akan melahirkan sineas sineas Toraja," pungkas Belo Tarran.