Jumat, 01 September 2017 08:16 WITA

Akan Dihadiri Presiden Jokowi, Ini Rangkaian Acara Lovely Desember 

Editor: Mulyadi Abdillah
Akan Dihadiri Presiden Jokowi, Ini Rangkaian Acara Lovely Desember 
Foto: Dok/Rakyatku

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perayaan tahunan Lovely Desember di Toraja akan semakin meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Toraja Utara Harli Patriatno, mengatakan, perayaan Lovely Desember tahun ini akan digelar semakin meriah dan selama satu bulan 5 hingga 31 Desember mendatang penuh masyarakat dapat menikmati Lovely Desember. 

"Lovely Desember adalah even terbesar tahunan Toraja meskipun  tuan rumah seringkali berpindah. Tahun ini akan dihadiri presideh Joko Widodo dan tokoh dari luar negeri," ujar Harli baru-baru ini. 

Menurutnya, Lovely Desember untuk mempererat tali persaudaraan masyarakat Toraja. Perantau Toraja dapat pulang kampung untuk temu kangen dengan keluarga.

"Sekarang sudah mulai disiapkan. Seluruh masyarakat akan ikut melaksanakan even spektakuler ini. Kemudian persiapan saat ini lebih ke publikasi dan promosi supaya masyarakat tau kegiatan akan dilakukan secara spesial," katanya.

Rangkaian even tersebut, tambahnya, dimulai dengan festival pembukaan yang akan menampilkan opera toraja tentang cerita rakyat tradisional, festival kopi sebagai komoditas utama dan juga kontes kopi terbaik se-Indonesia dimana akan mempertemukan antara pembeli dan petani, serta kuliner tradisional Toraja dan festival budaya selama 3 hari berturut-turut.

"Toraja Utara adalah daerah wisata berbasis budaya sehingga pelestariannya akan selalu dilakukan di tiap kesempatan. Kami akan tampilkan kekayaan kita termasuk kerbau yang khusus dan memiliki nilai sendiri di toraja ini, selain itu juga didukung dengan keunikan budaya dan menjelaskan nilai kerbau di toraja utara," ujarnya.

Selain itu, selanjutnya akan digelar Karnaval Tedong yang menghadirkan kontes kerbau besar-besaran kemudian akan dijelaskan tentang jenis dan kedudukan masing-masing Tedong bagi masyarakat Toraja. 

"Intinya kami telah mengagendakan tujuh kegiatan dalam Lovely Desember ini dengan mengusung konsep Unforgetable Heavenly Experience," tuturnya. 

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri puncak perayaan HUT Toraja Utara yang ke-9 di Lapangan Bakti Rantepao, Kabupaten Tana Toraja menyempatkan berpesan kepada bupati untuk membuat Lovely desember semakin meriah. 

"Saya menyumbang Rp 1 miliar untuk perayaan Lovely Desember yang akan digelar selama satu bulan penuh tersebut. Lovely Desember tahun ini harus menjadi lebih berbeda dari tahun sebelumnya," tukasnya.