Rabu, 06 September 2017 21:37 WITA

Lewat Musik Tradisional, 1.700 Pelajar Pukau Pengunjung F8

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lewat Musik Tradisional, 1.700 Pelajar Pukau Pengunjung F8

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sebanyak 1.700 pelajar se-Kota Makassar menampilkan pertunjukkan spektakuler dengan memainkan alat musik tradisonal di Pembukaan Makassar Festival Internasional Eight Festival and Forum (F8), di Anjungan Metro Pantai Losari, Rabu (6/9/2017).

Para pelajar ini memulai penampilannya dengan membawakan lagu khas Bugis-Makassar Ammaciang Dendang. Para undangan dan tamu yang hadir bersorak dan memberi tepuk tangan.

Ada 200 kecapi, 200 suling,100 rabat, dan 200 gendang yang dimainkan para pelajar yang terdiri dari siswa-siswi tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Selain permainan musik, pelajar tersebut mengisi vokal pada pertunjukan ini. 

Lewat Musik Tradisional, 1.700 Pelajar Pukau Pengunjung F8

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Ismunandar mengatakan, para pelajar sudah dilatih mengisi alunan suara alat musik tradisional ini, berpadu dengan lagu-lagu daerah khas Bugis-Makassar dan Sulawesi Selatan (Sulsel). Serta adapula tarian Gandrang Bulo dan tarian tradisonal lainnya. 

"Jadi saat bermain musik, langsung juga ada menari Gandrang Bulo dan tari-tarian tradisional lainnya. Ada juga penampilan paduan suara oleh sekitar 200 anak," kata Ismunandar..

Setelah menyanyikan Ammaciang Dendang, para pelajar ini melanjutkan dengan lagu Makassar, 2 kali tambah baik dan lagu khas Makassar lainnya, De'de Kulantu. Penonton terhenyak dan seakan terhipnotis dengan penampilan mereka.