Senin, 20 November 2017 12:56 WITA

Penyebab Pariwisata Sulsel Tak Masuk 'Bali Baru' versi Agus

Editor: Mulyadi Abdillah
Penyebab Pariwisata Sulsel Tak Masuk 'Bali Baru' versi Agus
Agus Arifin Nu'mang

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kementerian Pariwisita (Kemenpar) telah merilis 4 Bali Baru yang ada di seluruh Indonesia. Tak ada destinasi pariwisata Sulsel yang dilirik. 

Empat lokasi yang kini menjadi fokus pengembangan Kemenpar tersebut, yakni Danau Toba, Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan Labuan Bajo.

Sebelum dikerucutkan menjadi empat, Kemenpar menyebutkan ada 10 Bali baru di Indonesia. Yaitu Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Gunung Bromo, Taman Nasional Wakatobi,  Morotai, Danau Toba, Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, dan Labuan Bajo. 

Wagkil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang mengatakan, sektor pariwisata di Sulsel sangat menjanjikan, seperti di Tana Toraja, Selayar, Takalar dan Potensi wisata lain di Sulsel.

Akan tetapi, yang menjadi penyebab pariwisata di Sulsel kurang dilirik oleh Pusat karena, pariwisata di Sulsel kurang dibenahi dengan baik. 

"Karena jika dibenahi dengan baik akan jauh lebih baik dari daerah lain," kata Agus, Senin (20/11/2017). 

Untuk itu, menurutnya dibutuhkan kerja yang ekstra untuk penataan sektor pariwisata di Sulsel. Seperti Pulau Takkabonerate di Kabupaten Kepulauan Selayar, dan Sanrobone Kabupaten Takalar. 

"Jika itu dibenahi dengan infrastruktur memadai, akan bisa bersaing dengan Maladewa," jelasnya.