Selasa, 26 Desember 2017 08:29 WITA

Keindahan 'Tersembunyi' di Pulau Bali

Editor: Adil Patawai Anar
Keindahan 'Tersembunyi' di Pulau Bali

RAKYATKU.COM - Bali adalah primadona Pariwisata Indonesia yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Selain terkenal memiliki pantai-pantai nan indah bagaikan surga Bali juga terkenal dengan wisata seni dan budaya yang unik serta wisata alam lainnya yang sangat mengagumkan Salah salah satunya adalah Geopark Gunung Batur yang terletak di Kabupaten Bangli, Pulau Bali.

Dilansir reyginawisataindonesia, Geopark Gunung Batur di Pulau Bali adalah keindahan alam lainnya yang dapat kamu kunjungi dan nikmati di Pulau Bali. Kawasan di Geopark Gunung Batur ini merupakan kaldera terbesar dan teindah di dunia karena di tempat ini terdapat sebuah danau berbentuk bulan sabit seluas 16.6 kilometer persegi dan merupakan danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia.

Keindahan 'Tersembunyi' di Pulau Bali

Danau Batur

Di pinggiran Danau Batur terdapat sejumlah pura yang bisa dikunjungi sebagai desa wisata seperti Pura Ulun Danau Batur, Pura Pancering Jagat Terunyan dan Pura Bukit Mentik. Kawasan Batur juga memiliki keanekaragaman hayati yang unik.

Salah satunya adalah Anjing Kintamani yang memiliki bentuk kepala seperti Serigala dan badan mirip Anjing cau-cau dari Cina. Selain itu di Kintamani juga banyak tumbuh Bunga Edelweis Pohon Kasian Bukiit, Jerukdan tanaman hortikultura khas pegunungan seperti kol, cabai dan tomat. 

Geopark yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali ini memiliki bentang alam vulkanis yang mengagumkan yang terbentuk dari aktivitas Gunung Api Batur Purba sekitar 29.300 - 20.150 ribu tahun yang lalu.

Selain memiliki panorama alam yang sangat cantik nan indah, Di Geopark Gunung Batur kamu dapat menyatu dengan masyarakat sekitar yang erat kaitannya dengan budaya Hindu Bali asli yang pastinya akan membuat kamu berdecak kagum.

Geopark Gunung Batur berpusat di sekitar Kaldera Gunung Api Batur pada ketinggian 1.717 mdpl di timur laut Bali. Kawasannya meliputi area seluas 100 kilometer persegi yang terdiri dari Kaldera Gunung Batur dan Danau Batur. Danau ini merupakan sumber air untuk kepentingan irigasi pertanian dengan sistem tradisional khas Bali (Subak) yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Keindahan 'Tersembunyi' di Pulau Bali

Desa Wisata Truyan

Selain dapat menikmati panorama alam yang sangat indah dan memesona, di Geopark Gunung Batur kamu dapat menyaksikan keunikan budaya Bali lainnya yaitu Tradisi Bali Kuno atau Bali Aga yang masih tetap lestari di Trunyan yaitu sebuah pulau yang berada tepat ditengah-tengah Danau Batur  Hindu Trunyan merupakan Hindu asli warisan Kerajaan Majapahit. Masyarakat adat di wilayah ini tidak membakar orang yang sudah meninggal seperti di daerah Bali lainnya tetapi hanya di taruh di bawah pohon yang menebarkan wangi dan mampu meredam bau jenazah.

Dengan keindahan alam yang dimiliki,serta budaya nya yang unik, Maka European Geopark Conference ke-11 di Arouca, Portugal pada 19-21 September 2012 memasukan Geopark Gunung Batur sebagai Global Geopark Network UNESCO bersama 91 geopark lainnya dari 21 negara. Geopark Gunung Batur diakui dunia internasional karena keelokan alamnya, jejak arkeologi dan geologi serta kekhasan budaya masyarakatnya yang unik.

Masuknya Geopark Gunung Batur dalam daftar geopark internasional merupakan pengakuan dari UNESCO atas pengelolaan geopark terhadap kelangsungan bumi yang berkelanjutan. Selain itu Geopark Gunung Batur mewakili situs geologis untuk kepentingan internasional, kelangkaan, keindahan, serta berperan mempromosikan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat lokal.