Rabu, 27 Desember 2017 13:54 WITA

Lovely Desember 2017

SYL: Pertahankan Kualitas Kopi Toraja

Editor: Mulyadi Abdillah
SYL: Pertahankan Kualitas Kopi Toraja
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo saat membuka Festival Kopi yang menjadi rangkaian agenda Lovely Desember di Kabupaten Toraja Utara, Rabu (27/12/2017). 

RAKYATKU.COM, TORAJA - Festival Kopi menjadi rangkaian agenda Lovely Desember tahun 2017 di Kabupaten Toraja Utara, Rabu (27/12/2017). 

Berlangsung di Gedung Pusat Pelayanan Pemuda Antonie Aris Van De Loosdrecht, Festival Kopi ini dibuka oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. 

Festival yang digelar hingga 29 Desember itu berisikan coffee expo, workshop pengolahan dan pemasaran kopi dan kontes barista, penanaman kopi massal, kontes kopi arabika nusantara serta workshop budidaya kopi. 

"Kopi Toraja sudah dikenal seluruh masyarakat Indonesia bahkan Kopi Toraja sudah mendunia. Kopi Toraja sudah dinikmati sampai luar negeri, tinggal kualitas kopi yang harus kita pertahankan," pinta SYL. 

Gubernur Sulsel dua periode ini menambahkan, materi Lovely Desember harus diperbaiki dengan berisi makanan dan minuman Toraja, nyanyian dan tarian Toraja. Dengan itu, kuatlah jargon "Jangan Mati Dulu Sebelum Melihat Lovely Desember di Toraja". 

"Lovely Desember itu intinya adalah menjadikan Desember di Toraja penuh cita kasih dan kedamaian, kesyukuran dan persaudaraan," ujar SYL seraya 

Sementara itu, Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan mengatakan, festival kopi ini dihadirkan di acara Lovely Desember untuk menghormati ide SYL dimana sejak 9 tahun lalu gencar mempromosikan pariwisata Toraja. 

"Dan terbukti pariwisata di Toraja dapat diperhitungkan sebagai salah satu destinasi nomor satu di Indonesia, itu hasil kerja keras pak gub,". 

"Kopi bagi Toraja Utara adalah tulang punggung ekonomi yang diyakini memiliki arti luas. Bukan hanya tentang kesejahteraan, akan tetapi kopi telah dikenal di berbagai belahan dunia dan selalu juara di berbagai festival," tutupnya.