Sabtu, 28 April 2018 06:30 WITA

Ke Laos, Kolam Keramat di Gua Kong Lor Wajib Dikunjungi

Editor: Adil Patawai Anar
Ke Laos, Kolam Keramat di Gua Kong Lor Wajib Dikunjungi

RAKYATKU.COM - Pernah dengar Gua Kong Lor? Bukan gua biasa, Kong Lor hanya dapat disusuri menggunakan perahu. Gelap total, traveler akan dibawa melewati kolam keramat.

Kong Lor di Laos adalah sebuah gua batu kapur karst yang menarik untuk dikunjungi. Yang membuat Kong Lor begitu eksotis adalah pembuatannya yang alami oleh Sungai Nam Hin Bun.

Sungai Nam Hin Bun mengalir dan membentuk Kong Lor sedemikian rupa. Sehingga cara untuk menyusuri gua adalah dengan perahu.

Dilansir detik.com, saat dibawa masuk ke dalam gua, traveler akan mengalami kegelapan total. Tukang perahu yang bertugas menjadi pemandu akan membantu penerangan dengan menggunakan lampu yang sudah disediakan.

Saat itu, traveler akan melihat lorong gua yang penuh dengan stalagtit dan stalatmit. Traveler yang mau berfoto di sini akan dipersilakan untuk turun sejenak.

Tak hanya lorong-lorong besar, ada pula jalur lorong yang menyempit dan membutuhkan keahlian khusus dari para tukang perahu. Tak tanggung-tanggung, gua ini memiliki panjang 7 km.

Di tengah gua, terdapat sebuah perairan berwarna zamrud yang dipercaya sebagai tempat keramat. Tapi para traveler tak perlu takut, karena gua ini aman.

Sampai saat ini, Kong Lor masih digunakan oleh penduduk desa untuk mengangkut barang atau hasil panen. 
Letak gua ini berada di Provinsi Khammouane, sebelah selatan Laos.

Pemandangan pegunungan di atas gua juga jadi hal yang dinikmati oleh para wisatawan. Cantik!